Pariwisata Berbasis HAM di Jawa Barat Jadi Proyek Percontohan

PIKIRAN RAKYAT – Kementerian Hukum dan HAM mencanangkan pariwisata berbasis hak asasi manusia di Jawa Barat, yang resmi dicanangkan Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi di Museum Sri Baduga Bandung, Selasa 5 Juli 2022.

Mualimin Abdi mengatakan, pariwisata berbasis HAM di Jawa Barat merupakan proyek percontohan pelayanan publik berbasis HAM, khususnya pada sektor pariwisata.

Dengan banyaknya tempat wisata, maupun hotel, maka pemenuhan HAM bagi masyarakat harus menjadi fokus pemerintah.

Terlebih HAM sudah diatur dalam Undang-Undang 1945, yang menjadi pijakan dalam berĀ­bangsa dan bernegara.

ā€œOleh karena itu, HAM tentu dalam implementasinya tidak bisa dipikul sendiri oleh pemerintah. Kita wajib berĀ­sinergi dengan para pelaku usaha, utamanya adalah para pelaku usaha di bidang pariwisata, khususnya Jawa Barat,ā€ kata MuaĀ­limin.

Aplikasinya proyek ini antaranya destinasi wisata tidak melibatkan tenaga kerja anak-anak usia 18 tahun ke bawah.

ā€œPenuhi hak asasinya, kalau pekerja masih (usia) Ā­sekolah harus diberikan waktu untuk sekolah, juga waktu untuk belajar karena belajar juga merupakan HAM. MeĀ­lakukan dan melaksanakan agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing juga HAM,ā€ ujar Mualimin.

Pelaksana Harian Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, pihaknya sangat mendukung keĀ­giatan pencanangan ini terutama dalam pemenuhan HAM wisata Jabar baik terkait tempat ibadah, sarana dan prasarana, maupun tenaga kerja yang melibatkan anak-anak. Tempat wisata juga harus memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan.***

Sumber : Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published.