Menikmati Pemandangan di NagaRa Puntang

BANDUNG –¬†Gunung Puntang merupakan salah satu pegunungan yang menjadi destinasi wisata alam yang cukup populer yang berada di Cimaung, Kabupaten Bandung.

Gunung Puntang yang sebelumnya dikenal dengan kawasan bumi perkemahan ini semakin berkembang dengan  hadirnya kawasan yang bernama NagaRa Puntang.

NagaRa Puntang dikelola oleh artis, penyanyi Anji Manji sejak 2021, yang membangun wilayah Gunung Puntang tepatnya berada di reruntuhan bangunan Radio Malabar dan kolam cinta.

Radio  Malabar memiliki sejarah yang populer karena NagaRa Puntang dijadikan sebagai  tempat siaran radio pada 1923 sebagai kawasan jalur komunikasi.

Bahkan stasiun merupakan stasiun radio terbesar di seluruh dunia pada masa itu.

Wisatawan lokal maupun luar kota yang datang ke NagaRa Puntang bisa menikmati keindahan pemandangan hutan yang  hijau dan udara yang sejuk.

Nama NagaRa Puntang kini semakin  viral karena hadirnya coffee shop, Berg yang berada di alam.

Store Manager Operasional Berg, Acil menjelaskan NagaRa Puntang ini merupakan kerjasama Anji dengan Perhutani untuk mengelola lahan izin.

suasana NagaRa Puntang dengan pemandangan Radio Malabar
suasana NagaRa Puntang dengan pemandangan Radio Malabar (istimewa)

Semenjak berubah menjadi NagaRa Puntang, kawasan ini pun semakin tertata dan membuat wisatawan betah berlama-lama disini.

“Dulu kolam cinta ini nggak terawat banyak sampah di dalamnya. Lalu Anji punya ide untuk menutup kolam cinta dengan papan sehingga orang tidak lagi buang sampah dan lebih indah untuk foto,” kata Acil saat ditemui di NagaRa¬†Puntang, Jumat (27/5/2023).

Di area NagaRa Puntang ini juga terdapat imah putih yang disewakan untuk pengunjung dan area camping ground yang lebih tertata.

Acil mengatakan  imah putih ini rencananya akan dibuat lebih banyak. Namun karena  antusias pengunjung yang datang ke coffee shop Berg ini cukup tinggi, maka pembangunan pun ditunda.

Kapasitas kabin imah putih ini dapat menampung hingga 10 orang yang bisa digunakan untuk acara gathering maupun acara keluarga.

“Lahan camping ground juga dibuat terpisah, tidak lagi tersebar di dekat kolam cinta supaya wisatawan lain nyaman ketika ingin menikmati pemandangan,” ujar Acil.

Sedangkan untuk camping, Acil mengatakan pengunjung bisa membawa tenda sendiri maupun menyewa.

Untuk masuk ke area NagaRa Puntang, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp 10.000.

Namun wisatawan harus tetap membeli tiket masuk di awal pintu masuk Gunung Puntang yaitu Rp 25.000.

Hal ini memang menjadi pertanyaan bagi wisatawan lokal yang biasanya tidak dikenakan biaya untuk masuk ke area Radio Malabar dan kolam cinta.

Acil mengatakan hingga saat ini NagaRa Puntang memang sedang mengusahakan untuk membuat satu tiket terusan sehingga pengunjung tidak perlu membayar tiket dua kali.

Sumber: Tribunjabar.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.