Teka Teki Pelatih Timnas Indonesia

Jakarta – PSSI menyiapkan kejutan terkait pelatih Timnas Indonesia. Pengumuman akan disampaikan pada 28 Mei mendatang yang diprediksi saat digelarnya Kongres Tahunan PSSI.

Saat ini jabatan pelatih Timnas Indonesia tengah menjadi bahasan seiring akan berakhirnya kontrak Shin Tae-yong pada Desember 2023. Banyak pertanyaan seputaran nasib Shin Tae-yong, akan diperpanjang atau tidak lanjut lagi?

Untuk sementara PSSI baru memastikan bahwa Shin Tae-yong akan kembali menangani Timnas U-23 setelah berakhirnya SEA Games 2023. Ia akan sibuk menangani dua tim yakni timnas senior dan U-23 yang sudah ditunggu banyak agenda.

“Ke depan coach Shin Tae-yong pegang U-23 dan senior. Ia akan bekerja sesuai jadwal yang saya paparkan. Bagaimana pelatih untuk usia muda? Ada Bima Sakti, yang menangani U-16, U-17,” kata Erick Thohir kepada wartawan.

“Nanti ada kejutan tanggal 28 kalau jadi. Jangan buru-buru karena belum teken (kesepakatan),” ujarnya menambahkan.

Masih terkait timnas, Erick Thohir ingin Indonesia punya filosofi yang seragam di berbagai kelompok usia. Selama ini tidak ada pakem yang ajeg, beda pelatih maka beda pula filosofi permainannya.

Untuk itu, PSSI juga ingin Direktur Teknik PSSI juga berbenah dan fokus membenahi masalah ini. Nasib sepakbola Indonesia sangat bergantung ke pelatih timnas dan Dirtek PSSI.

“Coach senior, muda, pembinaan, harus punya karakter permainan yang sama. Jadi kita punya gaya. Bukan ganti pelatih ganti permainan, pemain bingung,” ucap Erick Thohir.

Adapun agenda Timnas U-23 adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan 4 12 September. Ada juga Asian Games 2022 Hangzhou pada 19 September – 8 Oktober 2023.

Sedangkan Timnas Indonesia punya agenda Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Karena menempati rangking ke-149 FIFA, Indonesia harus memainkan putaran pertama yang direncanakan dua leg, 12 dan 17 Oktober.

Jika lolos ke putaran kedua, Indonesia memainkan laga 16, 21 November, 21, 26 Maret 2024, dan 6, 11 Juni 2024. Timnas Indonesia juga akan bersaing di Piala Asia pada awal tahun 2024 di Qatar.

Sumber: Detikjabar.id
Leave a Reply

Your email address will not be published.