Pesona Alam Balong Geulis di Cibugel Kabupaten Sumedang

Sumedang – Kabut tipis perlahan mulai beranjak dari rimbunnya pohon Gunung Simpay. Sebagiannya ada yang masih nemplok menyelimuti garis runcing ujung pepohonan yang lebat berjejer.

Sorot matahari seperti tampak malu-malu di antara kicauan burung dan gemericik aliran sungai saat pagi menyongsong. Sementara itu, permukaan air kolam yang tenang menghadirkan panorama magis dengan memantulkan hamparan alam secara lanskap yang tersaji dari ketinggian.

Pesona alam itu dapat dinikmati di Objek Wisata (Obwis) Balong Geulis, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang. Obwis ini berada di antara sehamparan perkebunan teh dan alam pegunungan di ketinggian sekitar 1.174 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dari Obwis ini, para pengunjung dapat menikmati panorama alam yang masih begitu asri. Di antaranya pemandangan alam Gunung Masigit Kareumbi, Gunung Cakrabuana, Kawasan Darmaraja hingga Kawasan Malangbong.

Pemilik Obwis Balong Geulis Dadang Romansyah menuturkan, kelebihan dari Obwis Balong Geulis adalah pemandangan alamnya. Sebab, Obwis Balong Geulis langsung berhadapan dengan Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK) atau warga lokal menyebutnya sebagai Gunung Simpay.

“Paling utama yang kita suguhkan adalah panorama alamnya yang masih alami dari ketinggian. Dari sini para pengunjung bisa menatap langsung pemandangan hutan Gunung Masigit Kareumbi serta wilayah-wiilayah Sumedang dan Garut yang ada di bawahnya,” ungkap Dadang kepada detikJabar belum lama ini.

Dadang melanjutkan, kolam pemandian menjadi wahana utama bagi Obwis Balong Geulis. Kolam tersebut bersumber langsung dari mata air perkebunan teh.

“Maka tidak heran jika Balong Geulis memiliki kandungan air yang sangat menyegarkan dan Balong Geulis ini kalau dipotret dari udara, lokasinya itu berada di antara puluhan hektar hamparan perkebunan teh milik warga masyarakat,” ujar Dadang.

Obwis Balong Geulis sendiri diketahui memiliki luas area sekitar dua hektar. Di dalamnya terdapat beberapa wahana, di antaranya kolam pemandian, saung-saung, vila penginapan, area camping ground, flying fox, kolam pemancingan serta perkebunan holtikultura.

“Tidak hanya pemandangan luar, suasana di area Balong Geulis sendiri menyuguhkan suasana alam yang masih sejuk dengan pepohonan yang masih alami,” terangnya.

Bagi para pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati suasana itu, Balong Geulis menyediakan sebuah vila penginapan. Vila tersebut saat ini baru berjumlah dua unit.

Dadang menyebut, pihaknya pun ke depan berencana akan menambah jumlah penginapan tersebut. Meski demikian, sambung Dadang, bagi para wisatawan tidak perlu khawatir karena Balong Geulis pun menyediakan area camping ground keluarga lengkap dengan tenda beserta peralatan yang menyertainya.

“Penginapan saat ini baru ada dua, tapi bagi yang ingin menginap kita juga menyediakan tenda untuk camping ground lengkap dengan sleeping bag,matras dan perlengkapan tenda lainnya,” terangnya.

Obwis Balong geulis biasa dikunjungi oleh para wisatawan baik perorangan, keluarga maupun secara berkelompok dengan daya tampung sebanyak 400 orang. Obwis Balong geulis pun membuka layanan berupa kunjungan khusus secara privat bagi rombongan wisatawan.

“Para pengunjung yang datang 70 persennya berasal dari luar Sumedang, seperti Garut, Bandung, Jakarta, Bekasi, bahkan pernah ada yang dari Jepara,” terang Dadang.

Selain menikmati wahana yang disuguhkan, para wisatawan pun bisa menikmati sajian kuliner ala kampung Balong Geulis. Menu makanannya berupa paket liwet ikan bakar atau ayam goreng lengkap dengan menu tambahan lainnya.

Harganya sendiri, untuk paket liwet ayam goreng untuk 4 orang dihargai Rp100.000,00. Sementara paket liwet ikan bakar dihargai Rp140.000,00. Sementara untuk menu makanan perorangan harganya pada kisaran Rp25.000,00 sampai Rp35.000,00.

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Obwis Balong Geulis, pihak pengelola membandrol harga tiket masuk sebesar Rp20,000,00 per orang ditambah tiket parkir Rp2.000,00 bagi sepeda motor dan mobil Rp5.000,00.

Adapun untuk harga sewa vila penginapan sebesar Rp350.000,00 pada hari biasa dan Rp450.000,00 saat libur akhir pekan. Sementata untuk harga sewa perlengkapan tenda sebesar Rp135.000,00.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Obwis Balong Geulis, ada dua jalur yang bisa ditempuh. Pertama bagi mereka yang datang dari arah Bandung atau Jakarta, alangkah baiknya melalui jalur Limbangan, Garut. Rutenya sendiri secara berturut-turut dari mulai keluar Gerbang Tol Cileunyi – Limbangan Garut – Kecamatan Selaawi – Desa Bauanamekar – Polsek Cibugel – Balong Geulis. Jarak dari Limbangan Garut hingga ke Obwis Balong Geulis sekitar 18 Kilometer.

Sementara bagi mereka yang datang dari wilayah Kabupaten Sumedang dapat melalui rute secara berturut dari mulai pusat kota Sumedang – Situraja – Darmaraja – Balong Geulis. Dari Sumedang Kota hingga Obwis Balong Geulis jaraknya sekitar 35 Kilometer.

Jalur alternatif lain dari arah pusat kota Sumedang sebenarnya bisa melalui jalur Citengah – Cisoka, jalur ini pun relatif lebih dekat. Namun sayang, untuk melintasi jalur tersebut harus menggunakan kendaraan adventure. Sebab ada jalan sepanjang 4 kilometer yang masih berupa bebatuan yang rencananya konon akan dibangun pada tahun 2023 ini.

Sumber: Detik.com
Leave a Reply

Your email address will not be published.