Warga Desa Cihampelas Ubah Eceng Gondok Jadi Krajinan yang Bernilai

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG – Siapa sih yang tidak tahu ecengĀ gondok? Tumbuhan ini seringkali ditemukan di danau atau rawa dan cepat tumbuh menyebar ke wilayah lainnya.

Eceng gondok juga disebut sebagai gulma yang dapat merusak perairan dan dapat mengganggu Ā lalu lintas perairan.

Namun demikian bukan berarti tanaman ecengĀ gondok ini tidak memiliki manfaat loh.

Warga desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat justru memanfaatkan eceng gondok menjadi sebuah kerajinan yang bermanfaat.

Mereka adalah Isar, Cucu, dan Eem yang sudah berusia 50 tahun dan membuat produk berupa tas, kotak tisu, dompet, untuk dijual.

Isar mengatakan membuat produk kerajinan dari ecengĀ gondok ini telah dilakukan oleh masyarakat sekitar sejak lebih dari 10 tahun yang lalu.

“Awalnya kami berjualan di pameran dan sekarang sudah merambah ke marketplace dan menjual barang sesuai pesanan saja,” kata Isar saat ditemui, Sabtu (25/2/2023).

Saat ini kata Isar, dirinya bersama para perempuan di desanya hanya membuat Ā berdasarkan pesanan.

“Dalam sehari bisa membuat kurang lebih 10 produk tetapi tergantung pesanan juga,” ujarnya.

Tantangan yang didapatkan Isar dalam proses pembuatan produk menggunakan ecengĀ gondok adalah Ā dalam proses pengeleman karena mudah lepas sehingga harus lebih teliti Ā dalam pengerjaannya supaya mendapatkan hasil yang rapi.

Para pengrajin yang ada di Desa Cihampelas ini dibina oleh pendiri Bening Saguling Foundation, Indra Darmawan.

Indra mengatakan sampah dari Sungai Citarum ini juga termasuk eceng gondok.

“Disini ada 85 hektar ecengĀ gondok yang harus bisa Ā dimanfaatkan,” tuturnya.

Indra mengatakan proses pembuatan ecengĀ gondok hingga menjadi bahan baku adalah dengan cara mengeringkan daunnya selama 1-2 minggu, tergantung cuaca.

“Sisa produksi ecengĀ gondok ini limbahnya tidak dibuang tetapi dibuat briket sehingga tidak ada yang terbuang,” ujar Indra.

Selain itu juga akar dari ecengĀ gondok ini dijelaskan Indra bisa menjadi media tanam dan bisa juga diolah menjadi pakan maggot untuk ayam petelur.

Saat ini produk hasil kerajinan bahan dasar ecengĀ gondok ini pun telah merambah ke mancanegara, seperti sandalnya saat ini tengah dipersiapkan untuk dikirim Ā ke Irlandia.

Sumber: Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.