SEA Games 2023 Kamboja: Timnas Indonesia U-22 Kalahkan Myanmar 5-0

PIKIRAN RAKYAT – Timnas Indonesia sukses menaklukkan Timnas Myanmar dengan skor telak 5-0 di SEA Games 2023 Kamboja. Pertandingan antara Timnas Indonesia U22 melawan Myanmar berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Kamis, 4 Mei 2023 pukul 16.00 WIB.

Gol pertama bagi Timnas Indonesia U22 berhasil dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-19, diikuti brace Ramadhan Sananta pada menit ke-31 dan ke-59, Fajar Fathur Rahman pada menit ke-74, serta Titan Agung pada menit ke-87.

Kemenangan ini menjadi yang kedua bagi Timnas Indonesia U22 di SEA Games 2023 setelah sebelumnya berhasil mengalahkan Filipina pada pertandingan perdana Grup A dengan skor 3-0.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Timnas Indonesia U22 langsung menunjukkan ancaman ke gawang Myanmar sejak awal pertandingan. Sejumlah peluang pun didapat, salah satunya melalui aksi Ramadhan Sananta, tetapi serangan mereka masih bisa dihalau oleh pemain belakang Myanmar.

Timnas Myanmar U22 juga tak ketinggalan dengan usaha mereka. Bahkan, mereka hampir saja berhasil mencetak gol pada menit ke-8. Melalui serangan balik cepat, Swan Htet berhasil melewati penjagaan Muhammad Ferrari dan melepaskan tendangan keras ke arah gawang Timnas Indonesia U22. Namun, upaya ini berhasil digagalkan oleh Ernando Ari.

Pada menit ke-10, Timnas Indonesia U22 kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Namun, tendangan Rizky Ridho yang memanfaatkan umpan ciamik dari tendangan bebas Pratama Arhan masih bisa dihalau kiper Myanmar.

Akan tetapi, Timnas Indonesia U22 berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-19. Marselino Ferdinan berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan bola muntahan. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihalau oleh kiper Myanmar. Dengan gol ini, Timnas Indonesia U22 unggul 1-0!

Pada menit ke-29, wasit memberikan hadiah penalti bagi Timnas Indonesia U22 setelah Marselino Ferdinan dilanggar oleh pemain Myanmar di dalam kotak penalti. Ramadhan Sananta yang maju sebagai algojo berhasil mencetak gol dengan mudah ke gawang Myanmar. Timnas Indonesia U22 semakin unggul 2-0.

Meski unggul dengan skor yang cukup besar, Timnas Indonesia U22 tetap tampil percaya diri dan terus menyerang gawang Myanmar. Namun, kali ini serangan mereka belum berhasil membuahkan hasil. Skor 2-0 tetap bertahan hingga akhir babak pertama.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Pada babak kedua, Timnas Myanmar U22 berusaha menekan dengan lebih garang dan berhasil memberi ancaman pada gawang Timnas Indonesia U22. Namun, Ernando Ari berhasil tampil apik dan menghindarkan Garuda Muda dari kebobolan.

Timnas Indonesia U22 pun tak tinggal diam dan bahkan menambah gol di awal babak kedua ini. Dimulai dari kesalahan lini belakang Myanmar U22, Ramadhan Sananta berhasil mencetak gol setelah menggocek beberapa pemain lawan. Tembakannya tak dapat diantisipasi oleh kiper Myanmar, dan Timnas Indonesia U22 memimpin 3-0!

Tak puas dengan gol ketiganya, Garuda Muda terus menyerang gawang Myanmar U22. Fajar Fathur Rahman menambah gol keempat pada menit ke-74 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak dapat diantisipasi kiper lawan.

Timnas Indonesia U22 semakin tak terbendung dan memperburuk penderitaan Myanmar U22. Titan Agung berhasil mencetak gol kelima setelah pergerakannya tidak bisa dihalau pemain lawan.

Meskipun kedua tim masih mencoba mencetak gol, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia U22 berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 5-0.***

Sumber: Pikiranrakyat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.