Rekomendasi Tempat Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Semarang

RADARBANDUNG.id – Selain Yogyakarta, kota lainnya di Pulau Jawa yang juga menjadi tujuan favorit masyarakat untuk mudik adalah Semarang.

Apalagi, kini Semarang semakin mudah ditempuh dengan berbagai moda transportasi, misalnya saja kereta api.

Tak heran, banyak orang yang berburu tiket kereta api ke Semarang, misalnya tiket kereta Jakarta-Semarang, atau tiket kereta Solo-Semarang.

Tak hanya kereta api, Semarang juga mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena hadirnya tol Trans Jawa yang membuat perjalanan ke daerah di Jawa Tengah menjadi lebih mudah dan cepat.

Jangan lupakan juga pesawat yang tak kalah menjadi primadona untuk rute ke Semarang.

Selain mudah diakses, Semarang juga terkenal memiliki beragam tempat wisata menarik.

Bahkan, deretan tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi di kala libur Lebaran tiba. Di mana saja? Berikut rekomendasi tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat ke Semarang.

1. Lawang Sewu

Saat membahas tentang tempat wisata di Semarang, pasti yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah Lawang Sewu. Ya, tempat wisata ini memang terkenal ikonik dan selalu ramai dikunjungi karena bangunan, pesona, dan mitosnya.

Lawang Sewu merupakan bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Namun, setelah tidak dipakai lagi, Lawang Sewu direvitalisasi dan menjadi sebuah museum, serta tempat wisata.

Bangunan Lawang Sewu terkenal memiliki jumlah pintu yang banyak, sehingga disebut sebagai Seribu Pintu atau Lawang Sewu. Walaupun dijuluki bangunan seribu pintu, tetapi kenyataannya jumlah pintu di sini tidak sebanyak itu.

Jika Anda ingin berkunjung, Lawang Sewu terletak tak jauh dari Simpang Lima Semarang. Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat ikonik lainnya yang juga bisa kamu kunjungi di Semarang adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini merupakan klenteng tertua di Semarang dan dikenal sebagai bekas persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho.

Laksamana Cheng Ho merupakan tokoh asal China yang beragama Islam. Klenteng ini sengaja dibangun untuk mengenang masa-masa kedatangan Laksamana Cheng Ho di Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong saat ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata favorit di Semarang, karena bentuk bangunannya yang sangat indah dan menjadi spot foto Instagramable. Selain itu, di klenteng ini juga terdapat banyak festival dan acara keagamaan.

3. Kota Lama Semarang

Jika Jakarta punya Kota Tua, maka Semarang memiliki Kota Lama. Sama seperti dua tempat wisata di atas, Kota Lama juga menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan di Semarang.

Kota Lama Semarang dulunya merupakan pusat perdagangan pada abad ke 19-20. Sesuai namanya, di Kota Lama Semarang terdapat banyak bangunan bersejarah, dengan gedung-gedung tua bergaya Eropa. Gedung-gedung ikonik ini masih dipertahankan hingga sekarang, melalui proses konservasi dan revitalisasi.

Gedung-gedung tua inilah yang akhirnya membuat Kota Lama Semarang menjadi destinasi ikonik. Banyak wisatawan yang datang untuk sekadar berfoto dan bersantai, karena banyak spot Instagramable di tempat ini.

Di Kota Lama Semarang juga terdapat Gereja Blenduk, gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang memiliki kubah ikonik. Selain jalan-jalan atau berburu spot foto Instagramable, Anda juga bisa duduk santai di coffee shop yang terdapat di sekitar Kota Lama Semarang.

4. Brown Canyon

Tak hanya Amerika Serikat saja yang punya tempat wisata Green Canyon. Di Semarang, Anda juga bisa menemukan Brown Canyon, yang tengah populer beberapa tahun terakhir.

Brown Canyon merupakan sebuah dataran tandus dan berpasir. Meskipun demikian, area ini sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan yang gemar berburu spot foto Instagramable.

Tak hanya itu, Brown Canyon juga dikenal memiliki pemandangan unik, karena imbas dari pertambangan pasir. Tempat ini juga sekilas cocok untuk dijadikan tempat syuting film bertema apocalypse.

5. Umbul Sidomukti

Terakhir, ada Umbul Sidomukti yang terletak di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya yang ada di kaki gunung, membuat tempat wisata ini memiliki udara segar dan panorama Semarang yang indah.

Selain menawarkan pemandangan Semarang yang menawan dari atas ketinggian, di Umbul Sidomukti juga terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba, kolam renang dengan air sejuk khas pegunungan, dan kafe dengan pemandangan menawan,

Di Umbul Sidomukti juga terdapat penginapan berkonsep villa dan resort, jadi Anda tak perlu khawatir jika ingin bermalam di sana. Ada juga pondok lesehan yang bisa Anda kunjungi jika merasa lapar ketika berada di sana. Jika tertarik berkunjung, harga tiket masuk ke Umbul Sidomukti dibanderol sebesar Rp 15 ribu.

Bagaimana, sudah tidak sabar ingin mudik dan berwisata di tempat wisata ikonik di Semarang?

Sumber: Radarbandung.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.