Kemensos Telah Menyalurkan Bansos Senilai Rp3,4 Triliun Kepada KPM di Jawa Barat

PIKIRAN RAKYAT┬á– Hingga Agustus 2022, Kementerian Sosial (Kemensos) telah┬ámenyalurkan┬ábantuan sosial (bansos) senilai Rp3,482 triliun┬ákepada┬áKeluarga Penerima Manfaat (KPM) di Jawa Barat melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan tersebut disalurkan melalui tiga tahap. Berdasarkan data yang diterima, penyaluran tahap I menyasar sebanyak 1.738.195 KPM dengan nilai total Rp1,199 triliun.

Kemudian, untuk tahap II sebanyak 1.631.253 KPM dengan nilai total Rp1,151 triliun. Dan pada tahap III, menyasar sekitar 1.611.049 KPM dengan nilai Rp1,132 triliun.

Kemensos juga memberikan bantuan untuk penerima manfaat di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat meliputi Bantuan ATENSI atau Asistensi Rehabilitasi Sosial.

Pada Minggu 28 Agustus 2022 bertempat di Pasar Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Kemensos memberikan bantuan mencakup 27 penerima manfaat ATENSI dengan nilai total Rp118.383.725.

Bantuan tersebut diberikan melalui Sentra Inten Soeweno, Sentra Wyata Guna, dan Sentra Abiyoso.

Bantuan yang diberikan berupa sepeda motor roda 3, bantuan pengembangan usaha warung, warung sembako, usaha kacang kupas, dan menjahit pakaian. 

Ada juga bantuan kaki palsu, kursi roda, bantuan kebutuhan dasar, nutrisi sandang peralatan masak, dan sebagainya.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Bantuan disambut antusias dan rasa syukur oleh penerima manfaat. Iis Nuraini, ibunda dari Aira Aenurrahmah (13) penyandang disabilitas yang kehilangan dua kaki dan tangan kirinya, menyampaikan rasa terima kasih.

“Bantuan kaki dan tangan palsu sangat membantu Aira. Dengan bantuan ini membuat Aira bisa lebih┬áleluasa bergerak. Terima kasih karena permohonan saya sudah dikabulkan oleh┬áKemensos,” ujarnya.

Sementara Aira juga mengaku senang dengan bantuan kaki dan tangan palsu. “Senang dapat bantuan. Semakin semangat membantu orangtua dan akan rajin belajar,ÔÇŁ ujar siswa kelas 7MTs Persis Padalarang 38.┬á

Penerima manfaat lainnya, Iwan S mengaku sangat senang menerima bantuan motor roda tiga. Rencananya motor akan dipakai untuk berjualan sayur keliling perumahan dan berharap usahanya akan semakin meningkat.

Di samping itu, dalam agenda pemberian bantuan sosial di Kota Bandung, bantuan turut menyasar para pedagang di Pasar Cicaheum.

Pemerintah menyalurkan Bantuan Modal Kerja senilai Rp1,2 juta untuk setiap pedagang.***

Sumber : Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published.