Hotel Pertama di Bandung Bersertifikasi ISO 22000

Bandung – Standar keamanan pangan merupakan hal yang wajib untuk terus diterapkan bagi industri perhotelan. ISO 22000 menjadi standar internasional yang mengatur sistem manajemen keamanan pangan dan memastikan manajemen dapat berkomitmen dalam mematuhi peraturan yang berlaku.

The Gaia Hotel Bandung menjadi hotel pertama di Kota Bandung yang memperoleh sertifikat ISO 22000:2018. Untuk bisa mendapatkan sertifikasi ISO 22000, terdapat sejumlah tahapan yang perlu dilakukan. Mulai dari komitmen manajemen dalam menyediakan fasilitas sebagai persyaratan dasar hingga tahapan implementasi dan audit internal untuk mengukur kepatuhan terhadap standar ISO 22000.

Audit eksternal juga dilakukan oleh badan sertifikasi independen yang telah diakreditasi, TUV Rheinland Indonesia. Audit dilakukan untuk mengevaluasi kefektifan sistem, pemeriksaan lapangan, serta apakah sistem manajemen pangan telah memenuhi standar ISO 22000.

General Manager The Gaia Hotel Bandung, Novi Samodro, mengungkapkan komitmen manajemen untuk kerap meningkatkan keaman pangan demi kepercayaan para tamu.

“Dengan memiliki sertifikasi ISO 22000, The Gaia Hotel ingin meningkatkan kepercayaan serta memberikan rasa aman bagi tamu yang mengonsumsi makanan dan minuman di hotel,” ujarnya dalam rilis yang diterima detikJabar.

Ia juga menuturkan bahwa standar keamanan pangan The Gaia Hotel akan terus ditingkatkan dalam efisiensi operasional serta meminimalisir risiko kesalahan produksi atau kontaminasi makanan.

“Selain itu, dengan menerapkan sistem ini hotel atau manajemen dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan produksi atau kontaminasi makanan,” pungkasnya.

The Gaia Hotel juga memiliki sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) yang diberikan kepada industri perhotelan ataupun pariwisata yang telah memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keselamatajn, dan lingkungan. Sertifikat ini mengikuti standar yang diberlakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF).

Sumber: Detik.com
Leave a Reply

Your email address will not be published.