7 Sungai Terpendek di Dunia, Sungai di Indonesia Masuk Kategori

PIKIRAN RAKYAT – Sungai merupakan aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir secara terus menerus yang banyak ditemukan di planet Bumi. Meski begitu, sungai tidak selalu identik dengan panjang, ternyata ada juga sungai terpendek di dunia.

Beberapa sungai di dunia bahkan diketahui panjangnya tidak mencapai 100 meter. Hal tersebut membuat sungai-sungai ini dikategorikan sebagai sungai terpendek di dunia. Salah satunya ternyata ada di Indonesia.

Sungai-sungai pendek ini tersebar di benua Amerika, Eropa, hingga Asia. Untuk lebih tahu sungai apa saja yang masuk kategori terpendek di dunia? Berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum 7 sungai terpendek di dunia versi World Atlas.

  1. Sungai Tamborasi (Indonesia)

Sungai yang terletak di Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara ini masuk dalam urutan pertama sungai terpendek di dunia.

Panjang Sungai Tamborasi hanya 20 meter, dengan lebar 15 meter, dan mengalir hingga ke laut Flores di Teluk Bone.

  1. Sungai Kovasselva (Norwegia)

Sungai terpendek di dunia selanjutnya ada Sungai Kovasselva. Sungai yang panjangnya hanya 22 meter ini terletak di Norwegia.

Hulu Sungai Kovasselva berada di Danau Kovassvatnet yang lokasinya terpencil dan jauh dari pusat Norwegia.

  1. Sungai Reprua (Georgia)

Sungai Reprua punya panjang hanya 27 meter. Air mata sungai yang berada di Georgia ini berasal dari puncak Gua Krubera yang terletak di pegunungan.

  1. Sungai Ombla (Kroasia)

Sungai terpendek di dunia keempat yakni ada Sungai Ombla dari Kroasia. Sungai Ombla membentang hanya 30 meter dengan luas 600 kilometer persegi.

Mata air Sungai Ombla berasal dari karst, yaitu batuan kapur berpori terbesar di Kroasia sekaligus salah satu yang terbesar di Dinarides atau Pegunungan Alpen Dinari.

Debit air Sungai Ombla 23,9 meter kubik per detik dan bermuara hingga teluk Rijeka Dubrova─Źka di laut Adriatic.

  1. Sungai Jezernica (Slovenia)

Panjang Sungai Jezernica hanya 55 meter, berasal dari Wild Lake yang merupakan danau serta mata air karst dengan sumber air di bawah tanah.

Jezernica ini salah satu dari 59 sungai di Slovenia, sekaligus anak Sungai Idrija yang lebih besar dan bermuara di Laut Adriatik.

Sungai Jezernica tercatat sebagai sungai terpendek kedua di Slovenia. Sampai saat ini debit aliran airnya sekitar 8,34 meter kubik per detik.

  1. Sungai Roe (Amerika Serikat)

Hulu Sungai Roe dimulai dari Giant Springs, kemudian mengalir ke Sungai Missouri dekat Great Falls, di Montana, Amerika Serikat.

Roe masuk kategori sungai terpendek di dunia karena panjangnya hanya 61 meter dengan kedalaman hingga 2,4 meter. Menurut sejarah, sungai ini sebelumnya tidak memiliki nama.

Pada 1988, sekelompok anak sekolah mengajukan petisi ke Guinness supaya sungai yang diberi nama ‘Roe’ itu masuk ke dalam daftar sungai terpendek dunia.

  1. Sungai Rio de Los Patos (Republik Dominika)

Sungai yang terletak di Republik Dominika ini memiliki panjang hanya 61 meter. Sungai Los Patos mengalir sampai ke Laut Karibia, tepatnya di Pantai Barahona yang terkenal sebagai tempat tujuan berwisata.

Sebelumnya sungai terpendek di dunia ini menjadi habitat para bebek, sehingga disebut ‘Los Patos’ yang dalam bahasa Spanyol berarti bebek.

Meski kawanan bebek tersebut sempat punah, sekarang ini bebek-bebek tersebut sudah mulai banyak ditempatkan kembali di Rio Los Patos sebagai cirinya.***

Sumber : Pikiran Rakyat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.